Sabtu, 21 Februari 2009

Bab V Cinta Remaja

Bab V, Cinta Remaja







Cinta Kingkong

Cinta itu banyak macamnyo co. Ada cinta monyet, cinta suci, cinta palsu, cinta buta, dan lain sebagainya. Nah aku sekarang nak nanyo: “ngomong-ngomong cak nyo ni lemak aku ngomong make bahaso sini bae biar omongan kito tu santai tapi bemutu dan komunikatif io dak?”
“Terserah lu dah! Lu mau ngomong pakek bahasa Indonesia kek, bahasa Jakarta kek, gua sih ngerti aja. Tapi lebih bagus lagi kalo ku ngomong pake bahasa kebangsaan lu, semendo tu, biar secepatnya gua tinggalan pergi,” serobot Udin sambil menghidupkan dapur tembakaunya.
“Sialan nian kau ni, jangan mak itu Din. Kalu wong sedang ngomong dak boleh dipotong tau dak. Ini Palembang. Berani motong omongan berarti berani nanggung resiko untuk mencicipi rasonyo pedih!” Diman agak emosi.
“Tapi untunglah kito bekawan jadi bidak di pinggang ni maklum jugo. Tadi kan aku nanyo. Io apo idak tu cuman seserannyo bae. Jadi kau tu seharusnyo cuman njawab io atau boleh jugo njawab idak, titik. Nah, kagek kalu aku la nanyo sebenarnyo nanyi, baru kau jawab sejelas-jelasnyo!” sambung Diman dengan emosi yang agak mengendor.
“Oi sabar bae Man. Ngan tu maklum kan bae, die tu kan empai pindah ke sini jadi masih nyisekan bawea budak Jakarta.” Rupanya Joni Pendek yang pipinya penuh jerawat dan rambutnya ala Tommy Page angkat bicara.
“Kau ni Jon, dakusah nak melok-melok. Ini ni urusan bukang belagak tau dak! Bukan urusan Tommy Page pendek, caka beruk, cak kau tu.” Dan telunjuk Diman menyusul gerakan bibirnya serta ikut menari-nari di depan wajah Joni.
Melihat ini Sandi merasa berkewajiban untuk membaur dan meramaikan suasana. “Bagus Man, kalu dipikri dio ni memang perlu diajari caro-caro efektif dan efisien untuk menjadi Tommy Page sejati.”
Suasana di terminal itu makin kacau Diman, Joni, dan Sandi, serta Udin seperti akan berkelahi. “Joni, Sandi, Diman. Lu orang bertiga ini kok enggak karuan sih. Sabar sabar dong.” Kemudian Udin menghidupkan kembali kompor tembakaunya yang kedua, lalu, “Kalu menurut gua, si Joni ini sebenarnya punya otak brilian. Buktinya dia mampu mengkombinasikan wajah mirip tarzannya dengan rambut ala Tommy Page dan dandanan yang dandi sehingga melahirkan Joni tehe best action.”
“Io nian Man, Din, Jon. Cube kamu tu keleh nian aku nai pucok Ampera tu, pastilah aku menjelma jadi saingan tarzan raje rimbe, Tommy Page idola remaje, juge perawagan top naik kalangan jetset Erpa sane.”
Sude ai ngan behumeh,” balas Sandi.
“Benah benah benah, tapi sebelum aku marah aku pengen nyingok kamu beduo tu, Joni jugo Sani diam di sini bae. Kami bnedua nak pegi ke warung Bik Inah tu nak ngobrol masalah cinto.”
“Kalo gitu ayo Man, gua sih nurut ajalah.”
Diman dan udin lalu pergi (sebelum pergi Diman melemparkan bungkus rokoknya yang besisa dua batang kepada Joni dan Sandi). Rupanya Diman ngomong kasar tadi cuma di mulut saja. Udin menyalakan rokoknya yang ketiga sedang Diman baru yang pertama. Sesampainya di tempat yang dituju mereka berdua lalu duduk.
“Din, kau tu jangan tersinggung oleh omonganku tadi. Aku Cuma maen-maen bae. Aku tadi nak nanyoke masalah cinto kau dengan si Reni Jayusman, lady rocker yang kato kau lah lamo jadi pacar kau. Kato aku tadi kan cinto itu banyak macamnyo. Nah cinto kau kau dengan cewek kau tu temasuk cinto yang makmano? Wah abis pulo rokok ini, kau masih ado rokok Din?”
“Wah abis Man, tadi di kantong baju ado Sam Soe 4 batang, di kantong sepan ado Salem 3 bungkus. Tapi sekarang karek lagi. Lah disulap oleh Bung Amat pakai kotak ajaibnyo mungkin Man.”
“AI Din. Kau ni lah kemajuan nian. Cocock nian kau jadi preman Palembang, besak segek, jago ngota’i, terakhir kau ni lah lihai pulok bahaso sini.”
“Terus terang Man, cintoku samo dio tu kalau mau dikategorikan cintoyang kau sebut tadi, maka cintaku termasuk kategori cinta dan lain-lain sebagainya.”
“O” (dengan mulut terbuka).
“Engkau pernah nonotn film Kingkong?”
“Pernah”
“Nah cintaku seperti itulh”
“Flm itu kan Cuma khayalan saja”
“O”
“Tapi enak kan ditontonnya?”
“O”
“Bagus kan ceritanya?”
“Io”
“Kuat kan tenaga kingkong itu?”
“Io nian”
Besar kan tubuhnya”
“Io lah pulok”
“Tapi coba kalau engkau bertemu dengan binatang itu, aku jamin engkau pasti terduduk di kala tidur, terkencing-kencing di kala besar, dan terdiam di kala berbicara, serta terpingsan di kala sadar.”
“O”
“Nah, cintaku seperti itulah”
“Maksudnya?”
“Cintaku Cuma tumbuh dalam, khayalanku saja. Namun sangat indah untuk dinikmati. Jalinan-jalinan cinta kami mesra dan sungguh manis. Kekuatanku rasanya berlebihan untuk melumatkan tubuhnya dalam pelukan dan cintaku sungguh besar dan menggebu-gebu.”
“O begitu”
“Saking hebatnya Man. Setiap malam aku memimpikannya. Setiap saat aku membayangkannya. Setiap bangun tidur yang pertma kuingat hanya dirinya.”
“Teruskan Din”
“Suatu hari, aku tak dapat menahan diriku untuk menemuinya. Tapi aku ragu. Engkau kan tahun kami dulu bertetangga. Akhirnya kupilih jalan untuk menemuinya melalui surat. Mungkin karena dalam....... khayalan-khayalanku yang bermain-main di benakku dia telah menjadi kekasihku maka pada waktu menulis surat yang pertama tersebut aku tak bisa membedakan kenyataan dan khayalan sehingga kata-kata yang mampir di kertas surat tersebut adalah kata-kata yang seharusnya berlaku bagi sepasang kekasih yang telah seia sekata.”
“O”
“Tapi apa lacur, ketka aku bertatapan mata dengannya saat aku ingin menyerahkan surat tersebut, aku tersadar Man bahwa ia tak mungkin kuraih aku terkencing-kencing Man, mulutku yang biasanya lincah kini terkunci Man, dan aku pingsan.”
“O”
“Ketika sadar aku rupanya telah memegang singkong sebesar lengan, seperti sangat ini Man.”
“O”
Apakah engkau ingin membaca suratnya Man? Ini bacalah”
“O”
“Setelah membaca surat ini dia cuma berkata O seperti engkau saat ini Man.”
“O ya”
“Aku sebagai lelaki tersinggung dan jatuh berderai harga diriku. Lalu aku berkata. ‘Itulah kenyataan, rupanya dia kembali berkata O seperti engkau saat ini Man.”
“O”
“Aku marah dan singkong di tanganku men yusup di O –nya.”
“Ouuuup .... hop ... glek..glek”
“Maaf Man, O mu pun tertutup singkong. Itulah akhir cerita tentang cinta kingkong yang termakan singkong.”

(Dimuat di Sriwijaya Post, Minggu, 3 Februari 1991)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar