Sabtu, 21 Februari 2009

Penulis dan editor

Biodata Penulis dan Editor




Penulis, Muhamad Nasir










Lahir di Desa Beringin, Muaraenim, Sumsel, 16 Mei 1969, Muhamad Nasir menamatkan SDN 33 Tanjungkarang tahun 1983, lalu menyelesaikan SMPN 3 Tanjungkarang tahun 1985, dan menuntaskan SMAN Wayhalim Tanjungkarang tahun 1987.
Sempat menganggur satu tahun, putra tunggal Maryam dan Puadi Zen ini melanjutkan pendidikan di STKIP PGRI Palembang (kini Universitas PGRI Palembang) dan selesai tahun 1994. Bakat menulisnya telah diasah sejak kuliah dengan mengirimkan berbagai tulisan ke Sriwijaya Post dan Sumatera Ekspres serta beberapa media mingguan sejak tahun 1991. Usai menyelesaikan studi hingga sekarang, suami dari Nurjanah ini mengabdi di almamaternya sebagai dosen luar biasa. Tahun 1996, dia bergabung di Sumatera Ekspres sebagai copy editor dan menyatakan keluar tahun 2000. Lalu, tahun itu pula bergabung dengan Koran Transparan sampai 2001.
Sejak bergabung dengan Sumatera Ekspres, tugas mengajarnya di Universitas PGRI Palembang dilepaskan dan berlanjut setelah tak lagi bergabung lagi dengan Transparan tahun 2001. Saat itu, dia bergabung di Harian Sore Sinar Harapan hingga kini.
Selain di Sinar Harapan, ayah dari Carisna Aprianti dan Muhamad Nurhidayatullah Pascadh ini sempat bergabung dengan beberapa media, seperti Tabloid Suara Daerah dan Majalah Forum. Selain itu, sejak 2005 juga bergabung dengan Harian Bisnis Indonesia hingga sekarang.
Di penerbitan daerah, juga sempat mengelola Media Publik sebagai Redaktur Pelaksana, Grha Media, media internal REI Sumsel sebagai Pemimpin Redaksi, dan Surat kabar Agung Post sebagai Redaktur Pelaksana. Di bidang fotografi, tercatat sebagai stringer Kantor Berita Antara untuk wilayah Sumsel.
Dalam dunia tulis-menulis, Buku “Batang Waktu” yang merupakan kumpulan tulisan Bangun P Lubis (wartawan Suara Pembaruan) Muhamad Nasir menjadi editor. Lalu, Buku “Jejak Politik Syahrial Oesman” ditulisnya tahun 2005 bersama Bangun P Lubis dan Syamsul Hidayah (Wartawan Sriwijaya Post).
Cerpen-cerpen yang dihimpun oleh Arif Ardiansyah (wartawan Tempo) dalam kumpulan cerpen ini, merupakan karya yang terserak dan tersebar yang dipilih dan dipilah dari puluhan karya Muhamad Nasir.
Karya-karya lainnya dari mahasiswa Pascasarjana Universitas PGRI Palembang ini akan juga dibukukan di waktu mendatang dengan tema berbeda.





Editor, Arif Ardiansyah












Lahir di Palembang, Sumsel, 24 Mei 1972, Arif Ardiansyah menamatkan SDN 142 Palembang tahun 1985, lalu menyelesaikan SMPN 32 Palembang tahun 1988, dan menuntaskan SMAN 3 Palembang tahun 1991.
Putra ke enam dari pasangan H Sobirin dan Hj Mariah ini kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Udayana, Bali dan selesai tahun 1997. Sarjana Sastra pun disandangnya.
Karier jurnalistik suami dari Savona Amelia (Avon) ini dimulai di Tabloid Aksi (grup Pos Kota), dan hingga kini tercatat sebagai Koresponden Tempo untuk Sumatera Selatan.
Di sela-sela tugas kewartawanannya, ayah dari Nawal Riefsa Ardiansyah ini juga aktif mengajar di Universitas PGRI Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Bahasa Indonesia Palembang. Saat yang yang sama, dia juga menyelesaikan pendidikannya di STIHPADA Palembang dan selesai tahun 2005. Kini dia tengah menyelesaikan pendidikan pascasarjananya di Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya jurusan pendidikan.
Dalam dunia tulis menulis, buku yang dieditori Arif ini merupakan buku yang ketiga. Dia sebelumnya menulis Buku Hubungan Sipil-Militer di daerah, sebuah bunga rampai. Lalu, sebuah tulisan yang dieditori Abdul Wahid Situmorang alias Ucok, Pembangunan Sumatera Selatan dalam Sorotan Perspektif Lokal, penerbit IFPPD dan UNFPA.
Cerpen-cerpen yang dihimpunnya dalam kumpulan cerpen ini, merupakan karya yang terserak dan tersebar yang dipilih dan dipilah dari puluhan karya rekannya sesama jurnalis, Muhamad Nasir.
Karya-karya Muhamad Nasir ini merupakan sastra koran yang ditulis oleh orang yang bekerja dan bergelut di dunia jurnalistik. Itulah yang membuat dia tertarik menjadikan cerpen-cerpen ini dalam bentuk buku. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar